Saturday 29 November 2014

GO Green!

Hai teman '-')/ kali ini saya akan memposting tentang Go Green. Apa sih Go Green itu? Go green adalah pergi hijau  tindakan yang ditujukan untuk menyelamatkan bumi dari segala kerusakan akibat ulah manusia. Nah, macam-macam ulah manusia itu akan dibahas berikut ini.

Yok langsung aja '-')/

1. Pembakaran hutan dan penebangan liar
Biasanya pengusaha kayu ingin mencari keuntungan yang besar sehingga mereka melakukan penebangan liar atau bahasa gaulnya illegal logging. Penebangan liar ini membuat paru-paru bumi menjadi gundul. Selain itu juga dapat merusak ekosistem yang ada di dalam hutan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya kita melakukan reboisasi yaitu penanaman hutan kembali.

Lalu bagaimana cara kita melakukan reboisasi? Apakah kita harus menanam bibit pohon di hutan yang sudah gundul? Tidak perlu jauh-jauh teman, cukup dengan menanam pohon di sekitar rumah kita itu saja sudah cukup. Misalnya seperti yang teman saya lakukan ini.

Nah, itu foto diambil beberapa hari yang lalu, ia menanam tanaman di taman dekat rumahnya karena taman tersebut jarang terdapat tanaman.

2. Polusi
Polusi dibagi menjadi 3 yaitu polusi tanah, air dan udara.

Oke kita mulai dari polusi tanah '-')/

Polusi tanah
Penyebab utama terjadinya polusi tanah tentu saja sampah. Sampah sampah yang berbahan plastik, logam, kaca dan sejenisnya sulit diuraikan oleh dekomposer didalam tanah. Akibatnya sampah sampah tersebut tidak hancur dan terbenam dalam waktu yang lama. Bila terlalu banyak sampah yang menumpuk dalam tanah, hail ini dapat membahayakan makhluk hidup yang tinggal di dalam tanah, misalnya cacing. Padahal cacing memiliki peran penting untuk menggemburkan tanah.

Oleh karena itu teman-teman ku yang cantik,ganteng,unyu,kece dan jones sekalian. Sebaiknya kalian semua membuang sampah pada tempatnya karena cacing itu unyu  kalau lingkungan bersih pasti akan menjadi nyaman kan? Kita juga terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu teman, kita sebaiknya mengawali dari diri sendiri. Kemarin, saya sudah mempraktekkan membuang sampah pada tempatnya dan ternyata tidak sulit kok. Mau lihat fotonya? :p

Saya sedang memungut sampah di suatu tempat 
Saya membuang sampah yang sudah saya pungut pada tempatnya
Nah, itu foto saya sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap bumi tercinta ini :p. Gak susah kok teman, tinggal mencari tempat sampah dan membuangnya pada tempat sampah aja :D

Polusi air
Polusi air disebabkan oleh sampah atau limbah yang melewati jumlah ambang batas yang dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup. Kalian pasti tau kan? Air itu penting bagi kehidupan kita. Walaupun sepele, tetapi kalau air gak ada pasti orang orang pada bingung. Seperti kalian ketahui, di Indonesia air sungai sudah tercemar oleh sampah ataupun limbah pabrik. Padahal kita membutuhkan air tersebut baik untuk minum, mandi, memasak dan lainnya.

Oleh karena itu teman, sebaiknya kalian semua membuang sampah pada tempatnya, seperti yang sudah saya katakan tadi. Jangan menganggap air itu remeh kawan. Waspadalah! Waspadalah!

Polusi udara
Polusi udara pasti mempengaruhi semua makhluk hidup karena setiap detik makhluk hidup memerlukan udara untuk bernafas. Kalau udara tercemar, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti kalian ketahui, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia ini sangat banyak jumlahnya, mungkin satu keluarga mempunyai 2 atau 3 buah kendaraan bermotor. Dijalanan kita pasti banyak menemukan kendaraan motor, jarang sekali melihat sepeda. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor menyebabkan udara menjadi tercemar dan meningkatnya karbon dioksida.
Oleh karena itu kawan, sebagai rasa peduli terhadap lingkungan, sebaiknya kalian menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, misalnya sepeda. Kalau malas menggunakan sepeda, kalian bisa menggunakan kendaraan umum.

No comments:

Post a Comment