Sunday 21 September 2014

OPINI

 Kebiasaan menunda pr/tugas sekolah


Oek :v

     Hai mblo, salam jomblo~
     Sekarang saya akan memposting tentang kebiasaan menunda pr/tugas sekolah. Jujur aja, saya juga sering gini :v huahahaha. Langsung aja deh



     Kalian sebagai pelajar pasti tau kan, apa itu pr dan tugas? PR dan tugas itu sebenernya sama. terus ngapain saya tulis dua-duaanya? Biar ga keliatan jomblo. Oke lah serius.
     Kalian pasti sering diberi tugas oleh guru kalian. Mungkin dalam sehari bisa diberi 1 tugas atau lebih dan semua tugas sama-sama malesin, apa lagi kalo kerja kelompok tambah males deh. Sebenernya tugas individu sama kelompok ga ada bedanya kok, cuma kalo tugas kelompok yang ngerjain satu nilainya dibagi-bagi.
     Dalam seminggu pasti ada banyak banget tugasnya, ya kan mblo? Dan saya yakin kalian pasti sering banget yang namanya NUNDA TUGAS. Pasti dalam hati kalian bilang pengen kerjain sekarang tapi males lah nanti aja. Nah, kata NANTI bakal jadi BESOK dan besok akan menjadi TIDAK.
     Tau nggak kenapa? Karena kalo misalnya kita udah dari awal dikasih satu tugas aja udah bilang nanti nanti, tugas itu ga kegarap. Karena kalau udah ketumpuk sama tugas lain kalian pasti malesnya tambah, satu tugas aja males masa lebih dari satu tugas engga males.
     Nah,mblo maka dari itu lebih baik mengerjakan tugas saat diberikan. Misalnya ya, hari Senin kalian diberi tugas Matematika, kerjakan hari itu juga. Biar kalau besok Selasa dikasih tugas lagi, kan kalian cuma perlu ngerjain tugas itu di hari Selasa, ga peru garap tugas yang Senin juga kan?



Apa Penyebab Kebiasaan Menunda Tugas?


     MALAS

     Kalau malas, kalian bisa beri semangat kediri kalian dengan lihat gimana orang tua kalian. Dari pagi siang sore sampe malem kerja keras buat kalian biar bisa makan sama sekolah. Tapi kalau udah bayangin kaya gitu jangan nangis. Daripada nangis lebih baik kalian ngerjain tugas kan? Orang tua kalian pasti senang kalau kalian ngerjain tugas tepat waktu, yah walaupun mungkin mereka gatau kalau kalian ada tugas apa engga. Tapi seenggaknya kalau kalian ngerjain tugas kan dapet nilai, terus masuk ke raport, jadi deh nilai kalian bagus. Orang tua kalian pasti bangga.

     ADA JANJI SAMA TEMEN

     Kalau ini saya juga bingung mau gimana ngatasinnya-_-v Habisnya udah janji sama temen, mau gimana? Masa mau ngerjain bareng sama temen? gamungkin kali ya, ngerjain bareng temen malah jadinya main.
     Kalau ini mungkin mengatasinya dengan mengatur waktu ya temans. Misalnya kalian punya janji jam 3 sore dan kalian pulang sekolah jam 1 siang. Kan kalian bisa mengerjakan tugas dari jam 1 sampe jam 3. Capek? Gapapa, nanti kalo udah ketemu sama temen pasti capeknya hilang :v
     Tapi kalau misalnya kalian pulang sekolah langsung main. Kerjakan saja sepulang main dan gausah pake NANTI. Habis main capek? Kalau capek, kalian bisa istirahat sebentar habis itu baru kerjain tugas. Tapi konsisten, jangan nanti-nanti ya sayang.

     LUPA

     Nah, kalau ini pasti kalian sering kan. Gara-gara kebanyakan tugas jadinya lupa. Kalau masalah lupa gampang sih ya ngatasinnya. Kalian bisa nulis di notes tugas sekolah. Saya juga sering gitu karena saya termasuk makhluk pelupa. Tugas, ulangan bisa kalian tulis disitu.
     Tapi misalnya ga denger pas dikasih tugas sama guru? Suruh sapa ngelamunin gebetan. Kalian bisa tanya sama temen kalian, temen kalian pasti mau kasih tau kok, apalagi buat jomblo kayak kalian semua.



     GAK DINILAI

     Halah, palingan udah ngerjain susah-susah juga gak dinilai. Biasanya kalian gini kan kalau dikasih tugas sama guru yang gurunya jarang ngasih nilai cuma ditanda tanganin doang. Saya juga sering kesel kalau gitu mas mba-_- kita sama ya sayang.
     Sebenernya dinilai gak dinilai, kita harus tetep ngerjain. Siapa tau guru itu emang cuma pengen ngelatih muridnya biar muridnya belajar jadi anak disiplin. Mungkin aja dia udah apal siapa yang ngerjain dan yang nggak ngerjain dan dia emang gak ngasih nilai di tugas kalian tapi langsung masukin nilai tugas kalian ke daftar nilai.
     Tapi ya, saya sebenernya juga gatau kenapa ada guru gitu, karena saya belum pernah jadi guru. Kalau begitu, lebih baik kalian tanyakan pada guru kalian kenapa tugas kalian tidak dinilai. Pasti guru  kalian akan memberikan alasannya kok.


     Kurang lebih seperti itu lah penyebabnya, saya bingung mau nulis apa lagi karena itu merupakan pengalaman saya mblo, wkwkk :v Tapi semoga aja kalian habis baca artikel ini, kalian bisa jadi lebih disiplin dalam mengerjakan tugas.
     Mau dinilai ataupun gak, yang penting kalian belajar untuk displin ya. Biar besok kalau udah besar, kalian bisa jadi pekerja yang disiplin, mblo. Jangan cuma displin ngapelin gebetan ya mblo :v

Dadah sayang :*

 


   

No comments:

Post a Comment